Kamis, 01 Februari 2018

Mengapa Cemburu?

Cemburu (jealous) muncul karena ada perasaan  iri terhadap kelebihan atau keadaan orang lain .
Kata orang, 'Iri tanda tak mampu.'
.
Mari kita lihat definisi cemburu (jealous) menurut Wikipedia :
Jealous is an emotion, the term generally refers to the thoughts or feelings of insecurity, fear, concern, and envy.
Over relative lack of possessions, status or something of great personal value, particularly in reference to a comparator."
.
Wow, ternyata ya? Suatu perasaan yang sungguh perlu dikelola dengan baik juga rupanya. Artinya kita harus meletakkan emosi ini dalam porsi yang wajar. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Cemburu yang berlebih disebut cemburu buta. Cemburu yang kurang disebut tidak peduli (Cuek).

Menurut pendapat saya, cemburu itu dibutuhkan sebagai alat pendeteksi kepekaan kita, sebagai pengukur kesabaran, dan sebagai momen melongok ke dalam diri kita. Berdasar pengertian wikipedia di atas, orang yang cemburu itu tersinggung bahwa ada yang lebih baik dan lebih hebat dari dirinya.  Jadi, cemburu seharusnya bisa dijadikan pecut untuk memaksa diri kita berusaha lebih giat agar kualitas diri kita menjadi sama baiknya atau lebih baik dari orang yang kita cemburui.

Umumnya orang cemburu pada skill, hasil karya, kualitas, penampilan fisik, kekayaan, dan masih banyak lagi yang bisa kita sebutkan.

Cemburu menimbulkan rasa tidak suka, benci, amarah, bahkan antipati.  Maka di dalam agama islam, kita diajarkan untuk selalu melakukan tabayun baik pada orang lain maupun pada diri sendiri. Lakukan dialog dengan diri  sendiri supaya kita mampu mengurai apa sebab, apa akibat, dan tindakan apa yang seharusnya dilakukan agar tetap wajar.

Apapun itu sebabnya, jangan jadikan cemburu sebagai kebiasaan. Pasangan kita (bagi yang sudah punya) akan merasa bosan dengan sikap kita yang mudah cemburu karena umumnya memancing pertengkaran dan mencirikan ketidakpercayaan.

'Bila memang sudah dewasa secara umur, semestinya dewasa pula secara kepribadian.'
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kucing

Hanya terdengar dengung kipas angin yang menempel di tembok, detak jantung jam dinding, bunyi kemeruyuk di dalam perutku, dan tarikan napask...