Selasa, 30 Januari 2018

Stay Cool

Stay/ keep cool means to remain calm.
.
"Stay cool, please!"
Bila Anda mendapat kalimat ini dari teman/ partner/ boss/ bawahan Anda or anyone else, ketika orang lain menyadari Anda dilanda amarah, reaksi apa yang Anda berikan?

Ada dua reaksi yang biasanya terjadi : the anger increased  (amarah meningkat) or decreased (menurun).

Meningkat apabila si penerima merasa tersinggung dengan teguran. Dan merasa dia telah melakukan hal benar.
Menurun ketika si penerima menyadari kekeliruan sikapnya.
Atau tak mau mendapat kesulitan lebih jauh bila bertahan pada amarahnya.

Siapapun bisa dilanda amarah dan saat amarah datang tak semua orang pandai mengendalikannya.  Kepandaian mengelola amarah menunjukkan kepribadian kita. Jenis temperamen atau bukan.

Tidak masalah orang bicara apa tentang kita. Yang terpenting sesungguhnya adalah posisi mana yang sebenarnya nyaman kita tinggali. Mudah marah dan meluapkan amarahnya atau bisa marah dan stay cool?

Semua kita tentu berpengalaman dalam hal ini. 
Kita butuh belajar untuk mendengar atau mempelajari kasus atau kejadian yang memancing amarah terlebih dahulu sebelum memutuskan perlukah marah atau tidak. 
"Hehehe. Enak banget ... "
"Yes!"
Semua teori itu nampak mudah dan akan mudah seperti kelihatannya bila kita telah teruji. 

Kita tahu bahwa saat kita marah, pikiran kita buntu, tak mudah berpikir jernih dan hanya diiputi kesal yang berlebih.  Tak mau mendengar penjelasan apapun. Dan biasanya kita akan menyesal kemudian. Kemudian terpikir untuk memperbaiki keadaan. Tentu saja ini mengambil waktu Anda yang seharusnya sudah digunakan untuk perkembangan selanjutnya bukan dihabiskan hanya untuk memperbaiki keadaan lagi dan lagi. 

Meski memperbaiki keadaan lebih baik dari pada yang tidak peduli sama sekali. Banyak jenis manusia di dunia ini. Dan sangat menarik untuk diperhatikan.

Ingat bahwa : Anger costs you and patient is free.

***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kucing

Hanya terdengar dengung kipas angin yang menempel di tembok, detak jantung jam dinding, bunyi kemeruyuk di dalam perutku, dan tarikan napask...