Rabu, 24 Agustus 2016

Kopi sore

Ada yang menggemaskan.
Ketika belum berhasil membuat tulisan yang bisa sampai selesai. Yang aku maksud adalah 'short story', atau bahkan novel.
Semua seperti daun-daun berserakan. Sepotong-sepotong tanpa awal dan akhir yang jelas. Tulisan macam apa juga tidak jelas. Kurang greget dan sama sekali belum menjadi cerita yang berbeda dengan yang lain. Tak urung membuat galau hati.
.
Jadi apakah semua sudah berakhir? Tentu saja tidak.
Semuanya sedang bermula. Seperti menanam, aku sedang menyebar benih.
Memantaunya setiap saat. Melihat benih tumbuh menjadi tunas. Memeliharanya sampai besar. Menyingkirkannya dari gulma supaya fokus melihatnya tumbuh.
.
Membiasakan diri menulis setiap hari, apa saja, kapan saja, di mana aja. Setiap dorongan menulis itu muncul. Maka harus langsung dituliskan.
Dari yang terlintas di pikiran, dari yang dilihat, dari yang didengar, dan dari yang dirasakan. Seluruhnya adalah proses memancing 'soul of writer' supaya proses menjadi lancar. Mengalir bagaikan aliran air, tenang dan pasti.
.
Membiasakan diri menuju terbiasa. Membentuk kebiasaan dan gaya hidup. Apa yang kita inginkan, cobalah.
.
Dan hidup adalah tentang mencoba. Dari mencoba kita menjadi tahu. Dari tahu kita menjadi paham. Dari paham kita menjadi ahli. Dari ahli kita jadi kreatif. Dan aku tidak akan berhenti menulis, karena jiwaku mampu hidup dari proses ini.
.
"Do positive thing and  make a great moment everyday!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kucing

Hanya terdengar dengung kipas angin yang menempel di tembok, detak jantung jam dinding, bunyi kemeruyuk di dalam perutku, dan tarikan napask...