Rabu, 14 Desember 2016

Hati

Urusan hati itu urusan rumit. Dibilang seperti itu karena sifat hati yang mudah berbolak-balik. Sebentar suka, sebentar duka. Sebentar iya, sebentar tidak.  Sebentar ingkar, sebentar taat.
.
Hati adalah benda di dalam tubuh yang berfungsi sebagai  sistem eksresi. Hati pula berperan membantu ginjal menawar racun. Hati begitu penting bagi manusia sehingga tanpanya manusia tidak bisa hidup.

Hati atau hepar dalam bahasa Yunani, mengeluarkan cairan empedu. Cairan empedu inilah yang yang akan mengurai lemak di dalam usus.
.
Ada lagi istilah hati-hati, maksudnya adalah take care, pedulilah, jaga diri baik-baik. :)
.
Kembali ke hati dalam artian abstrak yang berisi emosi atau perasaan. Di dalamnya ada cinta, benci, suka, amarah, kecewa. Dan emosi inilah yang membutuhkan manajemen yang baik supaya kondisinya stabil. Tidak berlebihan dan merugikan.

Bermacam emosi yang bercokol di dalam hati adalah wajaar. Dan itu menjadi bagian hidup manusia. Namun bila salah satu emosi itu menonjol, maka ia akan menjadi karakter yang melekat pada diri kita. Yang akan menguasai tubuh kita dalam berekspresi. Terlihat dalam melakukan tindakan  sehari-hari. Terlihat dalam memutuskan sesuatu.

Maka dari itu, hati merajai tubuh manusia dan mesti dikendalikan oleh akal pikiran manusia. Pusat kendali hati ada di otak. Karenanya, kesehatan hati erletak pada kesehatan akalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kucing

Hanya terdengar dengung kipas angin yang menempel di tembok, detak jantung jam dinding, bunyi kemeruyuk di dalam perutku, dan tarikan napask...